Senin, 8 Mei 2017, 12:06

Tokoh Agama Pegang Peranan Penting Cegah Narkoba

BONBOL (kemenag.go.id) - Para tokoh agama sebagai public figur Ummat harus bisa menjadi agen perubahan di tengah-tengah masyarakat dengan menjalankan fungsinya sebagai penyuluh, fasilitator, mediator, penjangkau dan melakukan deteksi dini serta menjadi pendamping bagi korban penyalah gunakan narkotika.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Bolango, Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.HI dalam materinya dihadapan para Tokoh Agama serta Takmirul Masjid pada kegiatanP4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba). Yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Kab. Bone Bolango, Kamis (04/05) di RM. Liviano Kabila.

Selanjutnya H. Suleman juga mengatakan, Tokoh Agama dan Takmirul Masjid adalah orang-orang yang mempunyai peranan penting serta memiliki kedekatan dengan masyarakat, sehingga lebih mudah dalam memberikan informasi akan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

"Sebagai orang yang dijadikan panutan, tokoh agama dan takmirul masjid tentunya dapat menjadi corong informasi mengenai bahaya Narkoba, apakah itu melalui mimbar jumat, ceremah agama, forum silaturrahim serta berbagai aktifitas keagamaan lainnya," lanjut H. Suleman.

Ditambahkan H. Suleman, sekarang ini Narkoba sudah merusak sendi-sendiri kehidupan generasi baik yang tua, muda bahkan usia dini. Olehnya pemberantasan dan pencegahannya tidak bisa hanya dilakukan oleh BNNK saja, akan tetapi semua lembaga/instansi terkait serta keterlibatan masyarakat khususnya para tokoh agama, tokoh masyarakat serta takmirul masjid.

"Kita semua bertanggung jawab untuk ikut berperan dan berupaya bersama-sama dalam penanganan masalah Narkoba. Pemberantasan dan pencegahannya harus dimulai dari hulu sampai hilir, yang merupakan mata rantai terkait dengan masalah Narkoba," tambahnya.

Diakhir materinya, Kakankemenag Kab. Bone Bolango itu berharap pelibatan tokoh agama dan takmirul masjid berjalan efektif untuk meminimalisasi keterlibatan masyarakat terhadap penyalahgunaan zat-zat yang merusak generasi bangsa tersebut. (uq/rjp)

Berita Lainnya
Senin, 8 Mei 2017, 12:02

Hingga Hari Ketiga, UNBK MTs di Bonbol Aman

Selasa, 2 Mei 2017, 09:09

Artis Ibu Kota Berkunjung Ke MA Nurul Bahri, Ada Apa ?

Selasa, 2 Mei 2017, 07:43

Isak tangis Warnai Perpisahan Kelas XII MA Nurul Bahri

Selasa, 11 April 2017, 14:43

Empat Siswa MA Nurul Bahri Wakili Bonbol ke AKSIOMA Provinsi

Selasa, 11 April 2017, 14:42

Suleman : Rakerda Momentum Intropeksi Kinerja Tahunan