Selasa, 9 Mei 2017, 08:35

Masjid Al-Ittihad Wakili Kota Selatan Pada Penilaian Masjid Teladan

KOTA (kemenag.go.id) - Masjid Al-Ittihad Kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan merupakan Masjid yang terpilih mewakili Kecamatan mengikuti Penilaian Masjid Teladan Tingkat Kota Gorontalo, Senin (08/05).

Penilaian terhadap Masjid Al-Ittihad ini dilakukan Tim Penilai dari Kemenag Kota Gorontalo yaitu Penyelenggara Syariaah H. Yunus Nawai,S.Ag, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H. Abdurrasjid Nomba,S.Ag , Kasi Pendidikan Agama Islam Drs.H.Burhan Dunggio,M.Pd, dan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren Hj. Haryati Kaaba, S.Pd. MM.

Juga dihadiri Kepala KUA Kec. Kota Selatan, H. Marton Abdurrahman,S.Ag.M.HI, masyarakat, Pengurus Masjid Al-Ittihad serta Panitia Pemilihan Masjid Teladan, Hj. Sartje Batalipu S.Ag.M.HI (Ketua), Jiman ( Sekretaris) dan Sri Hizriawati Adam,SE (Anggota). Penanggung Jawab Penilaian Masjid Teladan Tingkat Kota Gorontalo ini adalah Kepala Kemenag Kota Gorontalo, Drs.H.Syaifudin Sidiki, M.Pd.M.Si.

Kepala KUA Kec. Kota Selatan H. Marton Abdurrahman,S.Ag.M.HI, menyampaikan bahwa Masjid bukan sekedar tempat ibadah saja tetapi juga mempunyai peranan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan akitifitas lainnya yang berhubungan dengan kemasyarakatan.

"Untuk penilaian Masjid Percontohan Teladan ini ada 3 kriteria utama penilaiannya, yaitu imarah (kemakmuran), idarah (administrasi perkantoran) dan Raayah," jelas Marton.

Sementara itu Ketua Tim Penilai H. Yunus Nawai, S.Ag mengatakan, Masjid yang terpilih nantinya untuk mewakili Kota Gorontalo mengikuti Penilaian Masjid Teladan Tingkat Provinsi akan diputuskan tim dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya bukan hanya melihat bagus dan mewahnya saja, akan tetapi juga yang menjadi point penting adalah tingkat kemakmuran Masjid itu sendiri.

Yunus menambahkan, kemakmuran Masjid ini dilihat dari aktifitas Masjid, seperti Jamaahnya dalam kegiatan pengajiannya, dan lain-lain.

Ketua Takmirul Masjid Al-Ittihad, Drs.H.Kadir Akuba,M.Pd, didampingi Sekretaris H.Jacob Hubu dan Bendahara Dra. Hj.Farida Napu, menyampaikan terima kasih dan rasa gembira atas terpilihnya Masjid AI-Ittihad mewakili Kecamatan Kota Selatan sebagai salah satu objek penilaian dari delapan masjid yang dinilai.

"Dengan adanya penilaian ini akan bisa menjadi pedoman bagi kami untuk melakukan pembenaahan kedepan, aku Kadir Akubar. "Yang yang dilihat oleh Tim Penilai, memang ini apa adanya. Kami sangat optimis bahwa Masjid Al Ittihad ini akan berhasil dan akan ikut pada penilaian tingkat Propinsi ," tambah H. Kadir Akuba,M.Pd optimis. (uq/wan)

Berita Lainnya
Senin, 8 Mei 2017, 15:21

Seperti Apa Gerakan Nikah Sehat di Kota Selatan, Ini Beritanya

Senin, 8 Mei 2017, 07:42

Pastikan UN Berjalan Lancar, Ini Dilakukan Kakankemenag Gorut

Kamis, 27 April 2017, 22:41

Kakanwil Hadiri Khatam Raya Qur’an TPA-TPQ Se-Kab Gorontalo

Selasa, 25 April 2017, 08:24

UAMBN di MTsN 1 Gorut Dipantau Kabag TU

Kamis, 20 April 2017, 10:58

Raker Sebagai Momentum Meningkatkan Kinerja