Selasa, 9 Mei 2017, 09:23

MTsN 1 Gorut Sukses Selenggarakan UNBK, Ini Ungkapan Kepmadnya

GORUT (kemenag.go,id) - Di era teknologi informasi dan komunikasi, Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Olehnya salah satu madrasah di Gorontalo Utara yang konsisten menerapkan pembelajaran berbasis IT adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Gorontalo Utara, sebagai madrasah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama 4 hari, mulai hari Selasa (2/4) sampai Rabu (4/4) dan dilanjutkan pada hari Senin (8/4).

Proktor UNBK Fadli Talaa, ST dan Teknisi Refki Towanan, S.S melaporkan, untuk Pelaksanaan UNBK, MTsN 1 Gorontalo Utara menyediakan komputer sebanyak 21 unit, yaitu 1 unit komputer server, dan 20 komputer untuk klien. Sesi pertama dimulai jam 7.30 s/d 9.30, sesi kedua jam 10.30 s/d 12.30 dan sesi ketiga dari jam 14.00 s/d 16.00.

Lebih lanjut Fadli menjelaskan, jumlah peserta UNBK sebanyak 47 orang. Mereka dibagi kedalam 3 sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 18 peserta yang terbagi ke dalam 1 ruang ujian. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

"Alhamdulillah UNBK berjalan dengan baik, aman, lancar dan seluruh peserta didik antusias mengikuti ujian tersebut," ujar mereka.

Sementara itu Pgs. Kepala MTs N 1 Gorontalo Utara Karjianto, S.Pd.I, M.Pd menyampaikan, kegiatan Ujian Nasional ini adalah untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, maka perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan pada Tahun ini kami menggunakan Ujian Nasional BerKomputer (UNBK).

Karjianto mengaku bersyukur pada Tahun ini mereka dapat menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ujian menggunakan komputer ini baru pertama kali diselenggarakan di MTsN 1 Gorontalo Utara, dan merupakan hal yang luar biasa. MTsN 1 Gorontalo Utara mewakili madrasah di Kabupaten Gorontalo Utara sebagai penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer.

"Kesuksesan penyelenggaran UNBK tahun ini di MTsN 1 Gorontalo Utara adalah anugerah yang luar biasa dari Allah SWT, atas Kuasa dan Pertolongan-Nyalah dapat berjalan lancar," ujar Karjianto.

Lancarnya pelaksanaan UNBK juga berkat bimbingan dan motivasi dari Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Gorontalo, Kabid Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kemenag Gorontalo Utara, Kasi Pendidikan Madrasah. Dan dukungan dari Dr. H.Masruljanto Usman, M.Pd, Dr. H. Romi Bau, M.Pd, Dr.H. Lahmudin Dochmi, M.Pd, Komite Madrasah, Petugas Kepolisian Brigadir Asrul Sani Mamonto, dan salah satu tokoh pendidikan di Desa Imana Herdiyanto Djafar, S.Pd.I, M.Pd, yang Ikhlas meminjamkan Genset dan Stafol dengan sukarela dan pihak-pihak lain.

Olehnya pria yang murah tersenyum ini memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh team UNBK 2017, proctor, teknisi, para guru, dan staf tata usaha atas kerjasamanya. "Ini adalah kesuksesan kita bersama," akunya sembari berharap kegiatan ini sebagai tonggak awal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis IT di MTsN 1 Gorontalo Utara. (uq/aa/ysr)





Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017, 08:24

UAMBN di MTsN 1 Gorut Dipantau Kabag TU

Kamis, 13 April 2017, 08:31

Empat Hal Ini Dideklarasikan di Rakerda Gorut

Selasa, 11 April 2017, 07:55

Rakerda Gorut 2017, Wadah Rumuskan Kebijakan

Jumat, 7 April 2017, 08:50

Pengurusan Izin Belajar Mencuat di Rakerda Gorut

Selasa, 4 April 2017, 14:43

Gorut Tingkatkan Kualitas KSM