Jumat, 9 Desember 2016, 14:22

POTENSI SISWA MADRASAH HARUS LEBIH BAIk

Oleh :

Marisavavan Israil, S.Pd.I

(Pengembang Potensi Siswa pada Bidang Pendidikan Madrasah)

Madrasah merupakan Satuan Pendidikan Formal dalam binaan Menteri Agama Republik Indonesia yang menyelenggarakan Pendidikan Umum dan Kejuruan dengan kekhasan Agama Islam yang mencakup Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan. (Peraturan Menteri Agama RI Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah)

Sejarah Lahirnya Madrasah sesungguhnya merupakan perpaduan dari konflik yang panjang antara Lembaga Pendidikan Agama yang tumbuh dan dikelolah oleh masyarakat yang beragama Islam dengan Sistem sekolah yang dikelola dan dikembangkan oleh Pemerintah sejak Zaman colonial Belanda yang daluhu lebih dikenal dengan Sekolah Agama. Zaman telah bergerak maju tanpa terasa kita sudah berada di ambang revolusi teknologi ke empat, Fenomena yang tak terelakkan sebagai ciri perubahan dan kemajuan skala dunia adalah keberadan internet lengkap dengan komunikasi elektro via satelit maupun kabel, menyebarnya pengetahuan melalui internet.

Perubahan pengetahuan manusia di era sekarang ini melahirkan konsekuensi seperti Realitas informasi tanpa batas, cara berpikir tanpa batas. Madrasah sebelumnya banyak mendapat tantangan dimana selalu di anaktirikan karena dinilai mutunya sangat memprihatinkan seiring dengan perkembangan komunikasi Madrasah dapat diharapkan lebih fungsional dalam mempersiapkan out put yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan Indonesia Modern yang terus semakin kompleks.

Lalu apa hubungannya fenomena-fenomena di atas dengan potensi siswa Madrasah?

Potensi adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia, dapat ditumbuhkembangkan seperti bakat, minat, kecerdasan dll.

Secara umum, macam-macam potensi manusia adalah sebagai berikut:

  1. Potensi fisik, merupakan organ fisik manusia yang dapat digunakan dan diberdayakan untuk berbagai kepentingan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Potensi fisik berfungsi sesuai dengan jenisnya. Contohnya, mata untuk melihat, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar, dan sebagainya.
  2. Potensi mental intelektual (intelectual quotient), merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (terutama otak belahan kiri). Potensi ini berfungsi, antara lain menganalisis, menghitung, merencanakan sesuatu, dan sebagainya.
  3. Potensi sosial emosional (emotional quotient), merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia (terutama otak belahan kanan). Potensi ini berfungsi, antara lain untuk mengendalikan amarah, bertanggung jawab, motivasi, kesadaran diri, dan sebagainya. Emotional quotient (EQ) lebih banyak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan lingkungan.
  4. Potensi mental spiritual (spiritual quotient), merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan kearifan di luar ego atau jiwa sadar (bukan hanya mengetahui nilai, tetapi menemukan nilai). Dengan SQ manusia dapat muncul

sebagai makhluk yang utuh secara intelektual, emosional, dan spiritual. Cara pengungkapan SQ adalah melalui pendidikan agama dan pendidikan budi pekerti.

  1. Potensi ketangguhan (adversity quotient), merupakan potensi kecerdasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan, dan daya juang yang tinggi. AQ merupakan salah satu faktor spesifik sukses (prestasi) seseorang karena mampu merespons berbagai kesulitan dengan baik. Dengan AQ, berarti seseorang telah mampu mengubah rintangan menjadi peluang.

Potensi-potensi tersebut, pada dasarnya masih merupakan kemampuan dasar yang belum terwujud secara optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan hal lain agar potensi tersebut dapat didayagunakan, tentu saja manusia mesti memiliki ambisi. Ambisi inilah yang mendorong orang untuk berusaha meraih keinginannya.

Bukan zamannya lagi siswa lulusan Madrasah diasumsikan hanya bisa membaca doa, perkembangan ilmu pengetahuan dan IT (Information Technology) seiring berjalannya waktu, mutu Madrasah semakin berkualitas, semakin menjadi pilihan masyarakat, dapat diamati pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Madrasah lebih khusus lagi di Madrasah Unggulan (Program Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo). Banyak peserta didik yang harus mencari Madrasah atau Sekolah lain karena tidak/belum dapat diterima di Madrasah melalui beberapa test potensi siswa.

Berangkat dari meningkatnya minat masyarakat untuk menitipkan anak, ponakan, cucu mereka belajar di Madrasah menjadi salah satu motivasi untuk Madrasah terus berbenah, memperbaiki seluruh komponen untuk menjadi lebih baik. Baik dari segi sarana prasarana, kurikulum, terlebih dari segi pengembangan potensi dan faktor pendukung lainnya.

Gaung potensi siswa Madrasah semakin lebih baik dapat dilihat pada pelaksanaan ivent Nasional seperti Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Lomba Karya tulis Ilmiah (LKTI), Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah kategori Mobile Robot Challenge Tingkat MA, Lomba Marcing Band Madrasah, Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN), Lomba Band Madrasah dan ivent Nasional bahkan Internasional lainnya. Dewasa ini sebagian Siswa lulusan Madrasah Aliyah diterima di Universitas/Perguruan Tinggi Dalam Negeri bahkan Luar Negeri. Semua adalah bentuk pengembangan potensi siswa Madrasah. Sehingga Madrasah tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga unggul pada prestasi non akademik.

Prestasi ini kemudian menjadi motivasi dengan meningkatkan dan menggali potensi peserta didik yang belajar di Madrasah melalui pembiasaan hal-hal baik dalam rangka pembentukan karakter siswa Madrasah, siswa berfikir tanpa batas, cerdas, kreatif dan inovatif, pembimbingan, pembinaan dan pelatihan yang tentunya harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) Guru, Pembina dan Tenaga Kependidikan Madrasah yang handal, sarana prasarana, dukungan moril dari komponen Madrasah dan orang-orang terdekat.

Siapa bilang Peserta Didik Madrasah tidak boleh bermimpi memiliki potensi yang lebih baik? Siswa Madrasah harus banyak bermimpi/berkhayal dan mengaktualisasikan ilmunya karena dengan impian/khayalan, daya fikir, kreatifitas,inovasi dan imajinasi akan semakin tinggi untuk menghasilkan hal-hal baru, yang bahkan tidak dapat dilakukan oleh orang Dewasa sekalipun.

Ada 3 potensi inti yang mestinya mendapat perhatian yang sama dan seimbang jika kita menginginkan siswa-siswi Madrasah yang unggul sesuai standarnya masing-masing. Ketiga Potensi tersebut adalah :

  1. Potensi intelektualnya

Potensi ini dikembangkan melalui pembelajaran regular dengan kegiatan Intra- kurikuler. Guru sangat berperan dalam hal ini karena Guru lah yang melakukan Pembelajaran, Guru yang menjadikan siswa menjadi tau dari sebelumnya tidak tau.

  1. Potensi Bakatnya.

Siswa memiliki bakat yang berbeda-beda, ada yang senang olahraga, Seni, Membaca, menulis , dll. Guru harus peka dan tidak boleh menyamakan semua siswa. Pengembangan bakat ini dilakukan melalui pembelajaran ekstra-kurikuler dengan kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa.

  1. Potensi Imannya

Potensi ini harus dikembangkan melalui proses Intra-kurikuler maupun Ko-Kurikuler dengan kegiatan pembinaan mental dan moral yang baik.

Ketiga potensi ini jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh maka akan melahirkan potensi siswa Madrasah yang Lebih Baik, Siswa yang memiliki kecerdasan intelektual , dengan bakat/keterampilan yang memadai serta mental siswa yang berakhlakul karimah.

Harapan penulis Potensi Siswa Madrasah harus Lebih Baik dan lebih dikembangkan dari prestasi yang telah dicapai, baik prestasi akademik maupun Non akademik agar Siswa Madrasah dapat bersaing di Era Indonesia bahkan Dunia Modern dan semakin Kompleks.

Untuk mewujudkan Potensi Siswa Madrasah harus lebih baik tentunya banyak hambatan, terutama ketersediaan media internet pada Madrasah yang ada di daerah terpencil juga ketersediaan Sumber Daya Manusia yang handal, selanjutnya motivasi terhadap siswa itu sendiri untuk terus menggali potensi dirinya..Madrasah jangan pernah putus asa untuk terus berbenah menjadi Lebih Baik sebagaimana slogan kita Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah.