Senin, 5 September 2016, 07:47

MENANGKAL GERAKAN ISIS BAGI UMAT ISLAM

OLEH : Dr. H. SABARA KARIM NGOU, M.Pd.I

Belakangan ini informasi gerakan ISIS marak diberbagai media massa baik elektronik maupun media cetak. Bagi umat islam yang kurang paham gerakan ISIS, ketika mendengar gerakan ISIS adalah perjuangan membela dan memperjuangan umat Islam dalam kanca perang, otomatis tergerak untuk ambil bagian dan bahkan ikut berlaga dalam kanca peperangan. Padahal kanca peperangan tersebut adalah peperangan sesama muslim.

Islam State Of Irak dan Syiria atau Islamic State IN Irak and Al Sham ( ISIS) merupakan sebuah gerakan yang bercita cita ingin mendirikan Negara Islam di Kawasan Timur Tengah . Gerakan ISIS yang dipimpin oleh Abu Bakar Al Baghdadi ini telah menyebar dibanyak Negara dan ingin menyatukan menjadi sebuah kekhalifahan Islam. ISIS dikenal sebagai gerakan radiakalisme garis keras dalam melakukan misinya, seperti Bom bunuh diri, menjarak Bank, hingga melakukan pembunuhan massal, yang ditujukan terutama kepada warga muslim Syiah dan golongan yang tidak sepaham dengan ajaran mereka.

Tujuan utama ISIS adalah membentuk Negara Islam yang menjalankan syariat secara murni. Organisasi ini muncul karena adanya gerakan politik dan konspirasi Internasional yang mengatasnamakan agama, gerakan mereka selalu menimbulkan kekecauan, pembantaian sesama muslim yang tidak sepaham, sangat bertentangan dengan agama, tidak sedikit tokoh islam yang menjadi korban dari gerakan radikal itu.

Gerakan ISIS ini tentu sangat bertentangan dengan idiologi Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945 dan dan Kebinekaan yang sangat menjunjung tinggi Kerukunan dan persaudaraan. Disamping bertentangan dengan idiologi Negara juga sangat bertentangan dengan ajaran Agama Islam yang mengajarkan sebagai agama yang Rahmatan Lil Aalamin. Penuh dengan kasih sayang dan menghormati satu sama lain, dan bukan dengan kekerasan. Allah swt berfirman dalam surat Al Hujurat ayat 13 :

Artinya : Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

Kaum Muslimin Yang dirahmati Allah.

Untuk mengantisipasi gerakan ISIS ini maka kita harus terus Mempertuguh Ke imanan kita kepada Allah swt. Bila iman kita kuat dan kokoh, maka ajaran dan gerakan apapun yang bertentangan dengan ajaran dasar Islam akan tertolak dengan sendirinya dan tidak akan laku. Namun bila iman kita lemah, maka ajaran dan gerakan dengan mudah mempengaruhi kita. Oleh karena itu iman merupakan faktor terpenting dalam membentengi aqidah. Iman berfungsi sebagai resistansi (penangkal) ajaran atau gerakan radikalisme buta. Allah Swt berfirman :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shalih, maka mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya (Yunus: 9)

Untuk itu marilah kita Umat islam agar terus menerus mewaspadai gerakan gerakan yang merusak kemurnian ajaran islam yang rahmatan lil Aalamin, dengan senantiasa membentengi aqidah dan akhlak generasi muda kita, sehingga anak anak dan cucu-cucu kita tidak kita tinggalkan dalam keadaan iman yang lemah seperti yang sinyalir Allah dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 9 :

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa dan hendaklah mengucapkan perkataan yang benar. (An-Nisa: 9). Semoga kita selalu sadar dan waspada terhadap bahaya ajaran sesat..! Amin.